Berita

Asosiasi Pengacara Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia Dideklarasikan

Pada 4 Juli 2015 atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1439 Hijriyah telah dideklarasikan sebuah organisasi profesi baru di Indonesia yaitu Asosiasi Pengacara Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia (APPBJI).
APPBJI bertujuan untuk melakukan riset di bidang pengadaan barang dan jasa, menyusun standar kompetensi pengacara di bidang pengadaan barang dan jasa, melaksanakan sertifikasi bagi pengacara di bidang pengadaan barang dan jasa, memberikan jasa konsultasi hukum, penyusunan draft kontrak, pendampingan hukum, audit hukum, opini hukum bagi pelaku pengadaan barang dan jasa, memberikan bantuan hukum baik litigasi maupun non litigasi kepada masyarakat di bidang pengadaan barang dan jasa, melaksanakan sosialisasi dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman hukum masyarakat mengenai pengadaan barang dan jasa, dan melaksanakan hal-hal lain di bidang hukum pengadaan barang dan jasa sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi dilakukan oleh beberapa advokat muda yang terdiri dari Sabela Gayo, S.H, M.H, Ph.D, Taufik Hidayat Nasution, S.H, Hugo Sotarduga Tambunan, S.H, Tamren Siregar S.H dan Muhammad Alfiansyah, S.H. Dalam deklarasi tersebut disepakati sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengacara Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia (DPN APPBJI) Periode 2015-2020 yaitu Sabela Gayo, S.H, M.H, Ph.D dari Kantor Hukum Sabela Gayo & Partners (SGP) dan Sekretaris Jenderal dipegang oleh Taufik Hidayat Nasution, S.H dari kantor hukum NST Associates.

Untuk selanjutnya, Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal terpilih akan menyusun kepengurusan definitif dan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. ke depannya, DPN APPBJI akan segera menyiapkan pelantikan pengurus DPN APPBJI Periode 2015-2020 di Jakarta sekaligus dengan pelaksanaan Workshop Nasional tentang “Aspek-Aspek Perlindungan Hukum dan Penangananan Perkara Pengadaan Barang dan Jasa di Indonesia”.
Workshop tersebut rencananya akan menghadirkan beberapa pembicara yaitu; Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Jaksa Agung Republik Indonesia dan Ketua Umum DPN APPBJI Periode 2015-2020.
Pada saat yang bersamaan juga, DPN APPBJI akan membentuk kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pengacara Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia (DPW APPBJI) di 34 propinsi se- Indonesia. selanjutnya masing-masing Pengurus DPW APPBJI yang sudah terbentuk, diharapkan dapat segera membentuk Pengurus Dewan Pimpinan Cabang APPBJI di tingkat kabupaten/kota di masing-masing propinsi. Bagi rekan-rekan advokat dimanapun berada yang berminat bergabung dengan APPBJI baik sebagai pengurus DPW APPBJI maupun sebagai pengurus DPC APPBJI dapat menghubungi Sekretaris Jenderal Sdr. Taufik Hidayat Nasution di nomor kontak; 081370378247 atau via email; dpn.appbji@gmail.com
Semoga kehadiran APPBJI dapat mendorong terwujudnya proses pengadaan barang dan jasa yang bersih, transparan, objektif dan akuntabel dalam mendorong percepatan pembangunan nasional sekaligus mengupayakan perlindungan hukum bagi pelaku pengadaan barang dan jasa di Indonesia.

sumber:www.litasgayo.co

Leave A Comment